SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

Bergelantungan Dijemuran, Teror Ular Piton Resahkan Warga Payakumbuh

schedule Senin, 20 Januari 2020 13:04

SUMBARPOS.COM, PAYAKUMBUH - Minggu 19 Januari 2020, warga Jalan Ahmad Dahlan, Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat, di teror ular Piton yang masuk dalam bengkel milik warga sebanyak Dua ekor dan Satu ekor bergelantungan dijemuran kain.

Kecemasan pemilik bengkel, Erawati, akhirnya dilaporkan kepada Tim Rescue Damkar Kota Payakumbuh. Dipimpin regu Dua, Indra Junaidi dan disaksikan Kepala Dinas Pol PP dan Damkar, Kota Payakumbuh, Devitra, Tim berhasil mengevakuasi 9 ekor ular berbagai jenis tidak jauh dari bengkel Erawati.


ular pyton yang berhasil ditangkap warga

Dari 9 ekor ular yang berhasil di evakuasi, 6 ekor merupakan anak ular jenis Piton yang masih berukuran 3 jari. Kemudian 2 ekor Ular jenis Pelangi dan 1 ekor Ular hitam pemangsa Tikus. Semua ular yang dievakuasi dekat semak disekitar pemukiman warga dimasukkan dalam karung goni dalam kondisi hidup. 

"Memang benar ada ular jenis Piton dan jenis Pelangi serta ular hitam pemangsa Tikus yang kita evakuasi dari semak dekat pemukiman warga. Dan Dua anak ular Piton yang kita evakuasi dalam bengkel milik warga dan Satu ekor dijemuran," sebut Kasat Pol PP dan Damkar Kota Payakumbuh, Devitra, kepada awak media usai mengevakuasi ular berbagai jenis disekitar pemukiman warga. 

Setelah dilakukan penyisiran Tim Rescue Damkar Payakumbuh berhasil menemukan sarang ular Piton disemak disamping bengkel milik Erawati. Dimana ditemukan dibawah tanah gembur ditumpukan beberapa potong kayu pohon Kelapa yang sudah rapuh. 

"Disamping itu juga ada tumpukan batu pondasi yang sudah ditumbuhi rumput. Nah, ternyata disanalah ahli ular personil damkar Eko Purwadi dibantu anggota lainnya menemukan 21 telor ular piton. Dari 21 telor ular piton, 17 telor diantaranya sudah menetas sedangkan 4 telor sudah busuk," sebut Devitra.

Dari hasil penemuan sarang ular Piton itu juga ditemukan beberapa ekor anak Piton yang ada dalam sarang, dan juga ditemukan 2 ekor Ular jenis pelangi serta 1 ekor jenis ular pemangsa Tikus. Sementara untuk induk ular Piton beberapa hari sebelumnya ditangkap warga karena berkeliaran diperkarangan warga. 

"Ini kita Temukan setelah dilakukan pencarian. Dan kita berharap jika masih ada ditemukan oleh masyarakat silakan dilaporkan kepada Kita," sebutnya.

Warga sekitar sangat Berterimakasih kepada Tim Rescue Damkar Kota Payakumbuh. "Kami berterimakasih sekali kepada Pemko Payakumbuh, karena kami sangat takut sekali dengan adanya ular Masuk dalam kedai dan bergelantungan ditali jemuran. Sekarang kami merasa tenang dan lega. Mudah mudahan tidak ada lagi," sebut Era. 

Usai mengevakuasi ular, Dt Umpang warga sekitar juga meminta bantuan Tim Rescue Damkar Payakumbuh untuk mellngevakuasi  sarang Tawon di depan rumahnya. Tim Rescue Damkar juga berhasil menyingkirkan sarang tawon dari depan rumah warga.

"Kita  berharap agar warga meningkatkan kebersihan rumah dan kebun dan tidak membiarkan adanya kayu dan batu yang menumpuk yang disukai oleh ular untuk tempat tinggal dan berkembang biak," pinta Kasat Pol PP dan Damkar Payakumbuh. (sp2)
Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Sabtu, 22 Februari 2020 14:41
schedule Sabtu, 22 Februari 2020 14:34
schedule Sabtu, 22 Februari 2020 14:07
schedule Sabtu, 15 Februari 2020 22:19
schedule Sabtu, 15 Februari 2020 22:02
schedule Jumat, 14 Februari 2020 16:01
schedule Rabu, 5 Februari 2020 14:53
schedule Selasa, 4 Februari 2020 14:07
schedule Selasa, 4 Februari 2020 14:03
schedule Minggu, 2 Februari 2020 22:47