SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

Hambat Perkembangan Nyamuk DBD, Warga Bersihkan Gorong gorong Saluran Air

schedule Rabu, 16 Oktober 2019 09:42


SUMBARPOS.COM, LIMAPULUH KOTA - Masyarakat Nagari Simpang Sugiran, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar,  tiap Jumat pagi goro bersama membersihkan pekarangan rumah masing-masing dan gorong-gorong saluran air atau tali bandar.

Selain mewujudkan lingkungan bersih, asri dan nyaman, juga sebagai langkah antisipasi berkembangbiaknya nyamuk Demam Berdarah Dingue (DBD).

Sebab, sejak beberapa waktu terakhir hujan sudah sering turun membasahi wilayah Guguak, dan Limapuluh Kota umumnya. Saat hujan, genangan air berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Edis Aigpty atau nyamuk DBD.

Goro yang dipusatkan di Jorong Lokuang ini disambut atusias ratusan warga masyarakat setempat. Bahkan Babinsa Nagari Simpang Sugiran Koramil 06 Guguak, Serka Junaidi, tampak hadir menggerakkan masyarakat. Turut goro, Walinagari Simpang Sugiran, Iswaris Chan, dan Kepala Jorong Boncah, Dendi serta didukung kaum ibu.

Babinsa Nagari Simpang Sugiran, Serka Junaidi, mengapresiasi kekompakan masyarakat Nagari Simpang Sugiran dalam bahu membahu mewujudkan lingkungan yang asri, bersih dan nyaman. Disamping itu, sebut Serka Junaidi, melalui goro bersama ini lingkungan menjadi sehat dan masyarakat terjaga dari berbagai penyakit seperti DBD.

"Ya, kita melakulan goro bersama warga masyarakat Nagari Simpang Sugiran tepatnya di jorong Lokuang. Ini kegiatan rutin setiap pagi Jumat yang telah lama kita lakukan. Di harapkan dengan goro ini lingkungan asri dan kenyamanan lingkungan akan di dapatkan. Dengan lingkungan bersih kesehatan masyarakat terjaga," sebut Babinsa Nagari Simpang Sugiran Koramil 06 Guguak, Serka Junaidi, baru-baru ini kepada Wartawan.

Disampaikan Serka Junaidi, kegiatan goro yang rutin dilakukan sekali seminggu ini, disamping fokus terhadap kebersihan lingkungan juga melakukan tharah masjid. Sehingga, disamping lingkungan bersih, tempat ibadah juga bersih sehingga masyarakat merasa nyaman untuk berada di Masjid melakukan sholat berjamaah.

Walinagari Simpang Sugiran, Iswaris Can, mengucapkan terimakasih kepasa Babinsa Serka Junaidi yang begiti perhatian terhadap kebersihan lingkungan di tengah-tengah masyarakat Nagari Sipang Sugiran. Dia juga sangat inovatif sekali dalam melahirkan terobosan nyata yang bernilai sangat besar bagi kesehatan masyarakat dengan mewujudkan lahirnya lingkungan bersih dan sehat.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk terus mensupor dan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing untuk mewujudkan kenyamanan dan hidup bersih serta sehat. Kegiatan ini rutin akan kita lakukan, sehingga tidak hanya bersih tetapi melalui goro kita jalin kebersamaan dan kekompakan diantara masyarakat kita," ucapnya. (sp2)
Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Senin, 11 November 2019 21:28
schedule Senin, 11 November 2019 16:44
schedule Jumat, 8 November 2019 18:00
schedule Jumat, 8 November 2019 17:57
schedule Jumat, 8 November 2019 17:49
schedule Jumat, 8 November 2019 16:43
schedule Kamis, 7 November 2019 17:08
schedule Kamis, 7 November 2019 08:09
schedule Rabu, 6 November 2019 18:39
schedule Rabu, 6 November 2019 18:34