SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

Ketua PERHIPTANI Kota Padang Panjang Apresiasi Pemko Menganggarkan Kembali Dana Penyuluhan

schedule Senin, 19 Agustus 2019 21:09

SUMBARPOS.COM, PADANG PANJANG - Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kota Padang Panjang Ir. Edwin, S.P mengapresiasi Pemko Padang Panjang yang telah menganggarkan kembali dana penyuluhan. 

Dana penyuluhan selama ini, kata Ketua PERHIPTANI Kota Padang Panjang Edwin sangat minim. Akibatnya, penyuluh tidak leluasa melakukan mobilitas. 

Ketua PERHIPTANI Kota Padang Panjang Edwin mengemukakannya pada acara Seminar/Workshop Penumbuhan dan Pengembangan POSLUHDES sebagai implementasi  Undang Undang No. 16 tahun 2006. Seminar/ Workshop tersebut dibuka oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili Sekdako Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP, MSi.

Dikatakan Ir. Edwin, S.P, selama ini para penyuluh bergerak dengan gaji dan tunjangannya secara pribadi.

"Mereka bergerak dengan gajinya, dengan tunjangannya, dioperasional sangat minim sekali, dan sekarang Alhamdulillah bantuan dari pemerintah kota sudah ada," ungkap Ir. Edwin, S.P

Lewat penyuluh pertanian tersebut, penyuluh dilapangan akan memberdayakan masyarakat dalam bidang pertanian. PERHIPTANI akan melakukan penyuluhan sampai ketingkat kelurahan untuk mengajak masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangannya. 


Nantinya,  di tiap - tiap kelurahan akan dibentuk pos penyuluhan pertanian  (POSLUHDES) yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.


"Saya sudah pernah hitung, ketika masyarakat menanama cabe, untuk kebutuhannya sehari hari dengan polibek di rumahnya. Sepuluh polibek saja mereka tidak perlu membeli cabe lagi ke pasar, dan cabe yang mereka makan itu dijamin sehat tanpa tingkat pestisida yang tinggi," ungkap Ir. Edwin, S.P.

Walikota Padang Panjang yang diwakili Sekdako Sonny Budaya Putra, AP, MSi menyampaikan 
Pemko Padang Panjang akan selalu mendorong dan mendukung kegiatan PERHIPTANI tentunya dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan Dinas Pangan dan Pertanian.

" Termasuk dengan kelurahan  melalui penganggaran baik di APBD, dalam bentuk program kegiatan, maupun juga hibah, 
termasuk juga lewat dana sarana prasarana pemberdayaan masyarakat," ungkap Sekdako Padang Panjang Sonny Budaya Putra.

Menurut Sekdako Sonny Budaya Putra ruang lingkup dari program PERHIPTANI tersebut tergolong luas. Salah satunya adalah peningkatan  perekonomian masyarakat. (sp1)
Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Jumat, 20 September 2019 16:59
schedule Jumat, 20 September 2019 14:45
schedule Kamis, 19 September 2019 19:32
schedule Kamis, 19 September 2019 19:20
schedule Kamis, 19 September 2019 19:13
schedule Rabu, 18 September 2019 20:19
schedule Rabu, 18 September 2019 20:13
schedule Selasa, 17 September 2019 12:22
schedule Senin, 16 September 2019 07:37
schedule Sabtu, 14 September 2019 11:08