SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

Lounching IMAC 2020 Meriah Rp 1,5 M Hadiah Disiapkan

schedule Minggu, 19 Januari 2020 13:48

SUMBARPOS.COM, PEKANBARU- Kejuaraan Marchingband bergengsi tingkat nasional dan internasional dengan nama Indonesia Marching Arts Championship (IMAC) 2020 akan digelar 25-27 September 2020. Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Nasution atas nama Pemerintahan Daerah  Provinsi (Pemprov) Riau secara resmi meluncurkan Indonesia Marching Arts Chompionship (IMAC) 2020. Acara peluncuran IMAC berlangsung di Hotel Premiere Pekanbaru, Sabtu malam (18/1/2020).

Peluncuran IAMC yang dilakukan dalam acara Lounch dan Gala Dinner berlangsung meriah dihadiri oleh beberapa pejabat Forkompinda Riau, Wasekjen PDBI Pusat, Ketua PDBI Riau sekaligus Kepala Kadispora Riau, Ketua MKA Riau, Ketua PDBI dan Pimpinan Marchingband mintra IMAC berbagai daerah Indonesia, serta ratusan tamu undangan lainnya. 

Selain pimpinan marchingband dalam negeri, turut hadir beberapa pimpinan marchingbang luar negeri antara lain; Vice Presiden Hongkong Marchingbandand Drum Corp Association, Presiden Malaysia Marchingband Association, Presiden Philipine Marchingband, dan Presiden Maldives Marchingband. 

Project Manager IMAC 2020, Dian Pranasari, dalam sambutan pembukaan mengatakan, bahwa kejuaraan IMAA merupakan agenda tahunan dibawah binaan Kadispora Riau serta Danlanud Roesmin Nurjadin dengan pelindung Gubernur Riau. Tahun ini IMAC mengadakan kejuaraan yang kebih luas nasional dan internasional yang akan berlangsung 23-27 September 2020 bertempat di Stadion Kaharuddin Nasutian Pekanbaru.

"Tahun ini IMAC akan diikuti oleh unit marchingband nasional dan internasional. Khusus internasional telah kami terima notifikasi melalui surat sudah 10 negara menyatakan ikut. IMAC tidak hanya sekedar kejuaraan untuk lomba tapi jauh dari itu untuk sarana memperluas persahabatan antar negara dalam olahraga, seni budaya dan pariwisata" ujar Dian Pranasari sembari menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan sumbangan dari semua pihak yang diberikan kepada IMAC. 

Wakil Gubernur Riau Edy Nasution dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kejuaraan yang digelar ole IMAC. Ia bahkan menyampaikan dukungan penuh dari Pemprov Riau untuk terlaksananya kejuaraan ini nantinya.  Senada dengan Wagub, Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi juga menyampaikan terima kadih dan kebanggan atas diadakannya kejuaraan IMAC 2020. Bahkan Ketua PDBI Provinsi Riau ini memuji kegiatan tahunan yang digelar oleh IMAC. 

Sementara itu, President IMAC IF Satya Putra, dalam sambutan dan penjelasannya tentang kejuaraan IMAC 2020 mengatakan bahwa IMAC diadakan sebagai bagian untuk mengembangkan marchingband sekaligus untuk ajang persaudaraan sesama pemain indonesia dan luar negeri. Pria yang sangat aktif dan dikenal dalam lingkungan marchingband di tanah air ini menyampaikan bahwa kejuaraan IMAC tahun ini akan memperebutkan piala Menpora dan gubernur Riau dengan total hadiah sebesar 1,5 Miliyar. 

"Tahun ini kejuaraan dibuka untuk tingkat nasional dan internasional. Akan banyak unit drumband ternama dalam negeri akan ikut dalam kejuaraan nanti. Termasuk sudah direncanakan ada 10 negara akan ikut ambil bagian. Untuk hadiah tahun ini disediakan sebesar 1,5 Miliyar" ujar IF Setya Putra. 

Pada kesempatan lounch dan gala diner IMAC 2020 itu, tampak hadir pimpinan unit marchingband dari Sumbar yakni manager Marchingband Semen Padang (MBSP) Vikon dan Ketua Harian Marchingband Gita Jam Gadang (MBGJG) Bukittinggi M. Nur Idris yang khusus datang dari Sumbar untuk menghadiri acara lounching dan technical metting IMAC. 

M. Nur Idris yang juga Ketua PDBI Kota Bukittinggi memastikan bahwa Marchingband MBGJG kebanggan Kota Bukittinggi ini akan mengikuti kejuaraan IMAC 2020. "Inssa Allah MBGJG akan ikut lomba IMAC. Ini sudah menjadi agenda MBGJG. Kapan lagi kita akan mengikuti kejuaraan bergengsi berklas internasional ini. Namun untuk persiapannya akan dibicarakan kembali dengan Pemko Bukittinggi sebagai pembina dan Pengurus MBGJG" ujar M. Nur Idris (sp1)
Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Sabtu, 22 Februari 2020 14:41
schedule Sabtu, 22 Februari 2020 14:34
schedule Sabtu, 22 Februari 2020 14:07
schedule Sabtu, 15 Februari 2020 22:19
schedule Sabtu, 15 Februari 2020 22:02
schedule Jumat, 14 Februari 2020 16:01
schedule Rabu, 5 Februari 2020 14:53
schedule Selasa, 4 Februari 2020 14:07
schedule Selasa, 4 Februari 2020 14:03
schedule Minggu, 2 Februari 2020 22:47