SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

SPBU Gaduik Bukittinggi Terbakar

schedule Rabu, 16 Oktober 2019 09:37


SUMBARPOS.COM, BUKITTINGGI- Ketika masyarakat yang punya mobil sedang tunggu giliran mengisi bahan bakar premium pada Minggu (13/10) dinihari sekitar pukul 18.45 WIB dikejutkan dengan hidupnya api di dalam SPBU. Api dengan cepat membesar di dalam Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) Gadut, Kabupaten Agam dan dan membakar dua buah pompa bahan bakar.
Berdasarkan pantauan SUMBARPOS.COM di lapangan, walaupun di tengah guyuran gerimis, api besar dengan cepat membesar di SPBU dan membakar sebuah mobil jenis minibus carry. Walaupun ada upaya memadamkan beberapa menggunakan racun api yang ada, tapi bisa membantu memadamkan api. Beberapa karyawan SPBU memilih menjauh demi keselamatan mereka.
Dua orang wanita karyawan SPBU sempat shock dengan kejadian yang mereka lihat ketika mereka sedang bertugas mengisi bahan bakar jenis premium. Adapun dua pompa bahan bakar yang terbakar yaitu, Pertamak, Premium dan pertalite dan mengalami rusak berat, sebab yang tinggal hanya puing-puing pompa. Pemilik SPBU, H Nelson Septiadi yang tiba di lokasi, hanya terdiam dan bisa berkomentar banyak.
Saah seorang saksi, Deky menceritakan kalau dia hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kejadian ketika sedang antri untuk mengisi premium. Tiba-tiba orang sudah panik dan beberapa mobil yang sudah berada di lingkungan SPBU menunggu antrian dengan cepat menjauh dari SPBU diiringi dengan berkobarnya api di dalam SPBU. Sempat terjadi beberap kali ledakan dari mobil yang terbakar.
Tujuh armada pemadam kabakaran dari Bukittinggi, Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang berjibaku memadamkan api menggunakan busa racun api. Dalam waktu sekitar 30 menit api sudah bisa dipadamkan dan tidak menjara pada bangunan sekitarnya. Tapu dua pompa bahan bakar sudah ludes terbakar. Sedangkan dua pompa di sebelahnya yaitu untuk pengisian solar, pemadam kebakaran langsung melakukan pendinginan pada tempat tersebut.
Beberapa sumber di lokasi kejadian mengatakan, kalau mobil tersebut mengisi bahan bakar jenis premium pakai angky modifikasi atau lebih dikenal dengan tangki siluman yang akan digunakan untuk menjual bensin eceran. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kapolres Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso SIK kalau kebakaran disebabkan karena ada kebocoran pada tangki tambahan mobil yang terbakar tersebut.
" Untuk mobil yang terbakar sudah diamankan di Polres untuk dilakukan pemeriksaan serta pemiliknya juga sudah kita amankan untuk dimintai keterangan. Mengenai kerugia secara keseluruhan melum bisa ditaksir dan penyebab pastinya kebakaran masih pemiriksaan pihak kepolisian," terang Kapolres Iman.(sp5/sp6)
Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Senin, 11 November 2019 21:28
schedule Senin, 11 November 2019 16:44
schedule Jumat, 8 November 2019 18:00
schedule Jumat, 8 November 2019 17:57
schedule Jumat, 8 November 2019 17:49
schedule Jumat, 8 November 2019 16:43
schedule Kamis, 7 November 2019 17:08
schedule Kamis, 7 November 2019 08:09
schedule Rabu, 6 November 2019 18:39
schedule Rabu, 6 November 2019 18:34