SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

Bupati Serahkan Bantuan Beras Tahap I sebanyak 909 KK Untuk Nagari Sumani

schedule Kamis, 7 Mei 2020 22:11

Bupati Solok Gusmal SE,MM (kanan) menyerahkan bantuan beras tahap I secara simbolis kepada Wali Nagari Sumani Masri Bakar (kiri)
Bupati Solok Gusmal SE,MM (kanan) menyerahkan bantuan beras tahap I secara simbolis kepada Wali Nagari Sumani Masri Bakar (kiri)

 

SUMBARPOS.COM, SOLOK - Bupati Solok Gusmal, SE, MM menyalurkan bantuan beras tahap I kepada warga yang terdampak Covid-19 di Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak sebanyak 909 KK, Kamis, (07/05/2020)

Dalam arahanya Bupati menyampaikan, bantuan itu  agar  dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat kita. Beras ini adalah yang  berkualitas baik karena kita sudah melakukan pengecekan ke Gudang Bolog Koto Baru tentang kualitasnya.

 "Kalau beras Dolog yang biasa, kami tidak terima, ini beras yang harganya sudah Rp11.000, sama dengan yang ada di pasaran atau berkualitas premium” kata Gusmal

Kata Bupati, adapun orang yang akan di bantu adalah yang betul betul terdampak covid-19 sekarang ini, seperti pekerjaannya sebagai tukang ojek, ustad,  buruh harian dan lainnya.

Bupati berpesan dengan tegas, di saat beras itu dibagikan nanti ada kemungkinan ada orang yang akan menggugat dan ada yang kurang senang, khususnya terhadap penerima bantuan.

“jika hal ini terjadi agar dicatat saja dan teruskan kepada Pemkab Solok. Saat ini kita sudah membentuk tim yang akan menerima pengaduan dan usulan dari masyarakat. Pengaduan dan Usulan ini juga akan kita laporkan kepada Pemprov dan pemerintah pusat,” pinta Gusmal,SE,MM. Orang nomor wahid di Kabupaten Solok itu meminta  kepada Wali Nagari, BPN ketua KAN dan satuan tugas efektif  nagari,  agar menjaga setiap orang yang masuk kedalam nagari . Jika tidak jelas orangnya tolong diproses dalam rangka mengamankan nagari Sumani dari penyebaran Covid 19. Disamping itu, Pemkab juga memikirkan bagaimana warga terdampak diperhatikan oleh pemerintah daerah.

“ Kita berhadapan dengan jumlah warga yang akan kita bantu, terutama tentang keberadaan data yang harus valid,” kata Bupati

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyinggung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua sudah diperpanjang, yaitu sampai dengan 29 Mei 2020. Ditengah pandemi ini banyak kegiatan yang dibatasi, terutama aktifitas pendidikan, semua sekolah diliburkan namun siswanya tetap belajar dirumah.

“ Terkait dengan hal ini kita sedikit gembira karena prestasi pendidikan kita berada pada tingkat kelima di Propinsi Sumatera Barat,” katanya.

Sementara untuk pelaksanaan sholat Jumat, sholat berjamaah di masjid -masjid, sholat tarawih itu juga ditiadakan sementara waktu, meskipun di daerah daerah terisolir bisa dilakukan kajian kajian baru terhadap pelaksanaan ibadah ini.

“Pemkab Solok akan menentukan kebijakan tertentu pada daerah daerah terisolir tersebut. Kita akan melakukan musyawarah dengan Forkopimda dan para Mubalig dan MUI,” ujar Gusmal SE,MM.

Selain itu tukuk Gusmal,  Pasar tidak ditutup akan tetapi di atur. Ada aturan pakainya, pemakainya di arahkan kepada los-los pasar saja dan diatur jarak orang yang berdagang. Kemudian orang yang masuk pasar harus menggunakan masker, apakah pembelinya dan sebaliknya harus pakai masker. berdialog harus berjarak. Semua aturan itu harus dilaksanakan oleh pemerintah Nagari dan pengurus pasar. Pasar harus disemprot 1 Hari menjelang beraktifitas. Kemudian memasang tempat tempat pencuci tangan setiap sudut.

“seterusnya yang dijual hanya kebutuhan pokok saja di luar itu tidak boleh,” tegas Gusmal

Hadir dalam penyerahan bantuan beras tahap I itu. Ketua PMI Ny. Desnadefi Gusmal, SH, Anggota DPRD Septrismen, Dian Anggraini, Askor Bidang Ekbang Kesra  Medison, Kabarenlitbang Erizal, Kadis Sosial Yandra Prasat, Ka Kan Kesbangpol  JunaidiI, Kabag PUM Syahrial, Camat X Koto Singkarak, Sujamto Amrita, Kapolsek Singkarak, Koramil Singkarak, BPN Sumani dan Wali Nagari Sumani Masri Bakar.

Wali Nagari Sumani Masri Bakar mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Solok yang telah memberi bantuan berupa beras sebanyak 909 KK kepada masyarakatnya

“ Alhamdulillah beras ini kami terima dan akan kami berikan kepada orang yang terdampak covid 19 di nagari Sumani,” katanya.

Katanya, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Nagari Sumani, dia bersama  Pemerintahan Nagari telah melaksanakan semua Instruksi dan himbauan Bupati terkait dengan pencegahan dan penanganan covid-19 . Kemudian untuk perantau juga telah disampaikan agar menunda pulang kampung dulu

“ perlu juga kami beritahukan kepada Bapak Bupati bahwa parantau Sumani yang sudah pulang kampung sebanyak 136 orang. Kami telah instruksikan kepada semua Jorong untuk menyampaikan kepada perantau yang datang untuk mengisolasi diri dirumah masing masing. Sampai saat sekarang, Alhamdulillah belum ada warga kami yang positif covid-19,” kata Masri Bakar (Sp1)

Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Senin, 4 Mei 2020 23:20
schedule Senin, 4 Mei 2020 18:46
schedule Selasa, 14 Januari 2020 12:33
schedule Senin, 18 Maret 2019 14:34
schedule Senin, 12 November 2018 11:24
schedule Senin, 0 0000 00:00
schedule Senin, 0 0000 00:00