Jelang Ramadhan Harga Bawang Merah Meningkat, Petani Senang

schedule Senin, 18 Maret 2019 14:34

SUMBARPOS.COM, SOLOK - Kurang dari dua bulan lagi, ramadhan 1440 Hijriah akan segera tiba. Kondisi ini sedikit membuat petani bawang merah di kabupaten Solok lega.

Pasalnya, dalam sepekan terakhir harga bawang merah terus meningkat hingga menembus Rp25 ribu per kilogram di tingkat petani. Berbeda dengan bulan lalu harga bawang merah terjun bebas hingga harga Rp7 ribu per kilogram.

Seperti diketahui, kabupaten Solok merupakan sentra petani bawang merah dan hasilnya di ekspor ke Riau, Inhu, Inhil dan Kepri serta Jambi dan Kuala Tungkal.

Salah seorang patani bawang merah, Eri Tabiang di pasar Sumani sore ini mengaku sangat lega, karena harga bawang merah hasil panenya di jual Rp25 ribu per kilogram. Dia menceritakan, panen sebelumnya hanya balik modal karena harga turun,"alhamdulillah panen kali ini, harga melonjak," ungkap Eri Tabiang kegirangan.

Toke penampung di pasar Sumani, Am Rawang mengakui di beberapa wilayah tempat pengiriman bawangnya, harga terus meningkat,"saya sering kirim ke Jambi, dan penjualan disana sangat tinggi menyusul kurangnya pasokan bawang merah Brebes dari Pulau Jawa,"katanya.(cr3)
ReplyForward
Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Senin, 12 November 2018 11:24