SumbarPos | Portal Berita dan Bisnis | Informasi Bisnis Sumatera Barat dan Berita Pekanbaru Riau

FIP UNP Siap Menjadi Fakultas Unggul Bertaraf Internasional

schedule Selasa, 6 Agustus 2019 15:52

Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd
Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd

SUMBARPOS.COM, PADANG -Sejak dilantik menjadi Dekan FIP UNP tanggal 30 Juli lalu untuk masa periode 2019-2023, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd langsung menargetkan 100 hari kerja di kampus hijau Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang . “Tidak ada lagi jalan santai bagi semua civitas akademika yang berada di kampus FIP, semua program yang dibuat harus terlaksana dengan target target yang telah ditetapkan, menjadi fakultas unggul bertaraf internasional atau go internasional,” Demikian dikatakan Rusdinal saat disambangi wartawan diruang kerjanya Selasa (6/8)

Menurut dia beberapa program prioritas dalam pengembangan FIP kedepan menuju fakultas unggul yang bertaraf internasional dan terbaik di  Asia sudah saatnya dilakukan, persiapan menuju itu sudah dilakukan dengan mempersiapkan Sumber daya manusia.

Ada beberapa tahapan yang menjadi prioritas dalam 100 hari kerjanya, diantaranya mempertimbangkan organisasi perguruan tinggi misi visi, akreditasi, isu isu strategis dan sebagainya, termasuk kontrak kerja Rektor dengan kementerian Dikti harus didukung setiap fakultas dan Fakultas diminta berkontribusi menyumbang dalam mencapai target kerja penuh dalam memenuhi hal itu.

Ditambahkan Rusdinal, saat ini Universitas Negeri Padang telah  masuk klaster dua dan menjadi fakultas internasional dan terbaik pada tingkat asia. Oleh sebab itu ada beberapa poin yang dilakukannya diantaranya jaminan mutu, ektra kurikuler, peningkatan SDM dosen perubahan dalam tata kelola yang telah dirinci, karena itu dia sendiri membuat peta jalan  diiabartakan sebuah pesawat terbang, tidak ada lagi jalan santai menuju go internasional yang semuanya bermuara dari SDM yang unggul, ada beberapa aspek yang sudah di kulindown

“Kita akan perbaiki tata kelola berbasis IT yang sudah masuk era digital, pusat unggul akan dibangun dalam kompetensi pedagogik dari semua pusat kajian program yang mencakup semua jurusan yang ada di FIP seperti kajian teknologi pendidksan,  kajian paud, kajian psikologi, kajian iinklusi yang satu satunya ada di sumatera,”terang Rusdinal

Filosofi yang dilakukan tidak seorang yang tertinggal dalam mewujudkan bersama sama untuk perbaikan dan kemajuan.

Untuk SDM, program pengembang karir dosen dan mengaktifkan coaching clinik, artinya supaya penelitian dosen dapat terpublikasi dengan baik, disamping punya rumah data FIP untuk mahasiswa untuk mengetahui profil dosen dosen yang ada di FIP itu sendiri.

Pengembangan ekstra kurikuler untuk mendorong mahasiswa prestasi dari aspek akademik, dan labor internasional, dia optimis tahun 2020 mendatang UNP akan masuk pada akreditasi internasional dengan melakukan kerjasama dengan dalam maupun luar negeri.

“Semua ini butuh dukungan semua pihak dalam mewujudkan program, termasuk media massa sendiri yang membantu mempublikasikan ke tengah tengah masyarakat,” ujar kapten tim sepakbola dosen UNP itu mengakhiri (sp4)

Berbagi Berita
Berita Terkini
schedule Jumat, 20 September 2019 19:40
schedule Rabu, 4 September 2019 20:57
schedule Sabtu, 10 Agustus 2019 21:52
schedule Jumat, 26 Juli 2019 23:27
schedule Rabu, 24 Juli 2019 14:13
schedule Sabtu, 30 Maret 2019 09:20
schedule Selasa, 26 Maret 2019 15:14
schedule Selasa, 26 Maret 2019 13:08
schedule Selasa, 26 Maret 2019 12:57